PERSAHABATAN ADALAH YANG UTAMA

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Twitter

indonesia English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

LUNA MAYA VS INFOTAIMENT

Posted by ARMAN PAIMA - -



Satu kasus lagi yang melanda artis cantik terpopuler saat ini....!!!!


Siapa yang tidak kenal dengan Artis cantik LUNA MAYA,kekasih Ariel Peterpan dan presenter salah satu acara musik di stasiun tv swasta.

Yang saya lihat dan saya baca di media elektronik adalah perseteruan antara LUNA MAYA dan Wartawan.

LUNA MAYA marah kepada wartawan dengan menuliskan kalimat di akun Twitternya pada Selasa (15/12/2009) .Kalimat yang di tulis oleh LUNA MAYA cukup menusuk dan tajam.....setajam SILET....kwakkwkakwakwkakawa.....

LUNA MAYA menuliskan :

“Infotainment derajatnya lebih hina dari pada pelacur, pembunuh. May ur soul burn in hell.”

Karena itu, sejumlah perwakilan komunitas wartawan infotainment pun mengadukan ulah kekasih Ariel "Peterpan" tersebut ke Polda Metro Jaya.

Pihak Wartawan yangdi wakili oleh Prio Wibowo "Hari ini Kamis pada pukul 17.30, artis Luna Maya ke Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat.

Dalam laporan yang diadukan Prio Wibowo itu antara lain berisi soal umpatan Luna Maya di microblogging twitter yang merendahkan profesi wartawan infotainment. "Laporannya atas sangkaan pencemaran nama baik dan penghinaan melalui Twitter terhadap wartawan infotainment," ungkap Prio. Melihat kasus ini LUNA MAYA dikenakan Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan Pasal 45 ayat 1 (Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers)

dengan penjelasan :
BAB VII
PERBUATAN YANG DILARANG
Pasal 27 ayat (3)
" Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik "

dan menurut Ketentuan Pidananya adalah

Pasal 45 ayat (1) 

"Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1) , Pasal 27 ayat (2) ,Pasal 27 ayat (3),Pasal 27 ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000.( satu miliar rupiah )."

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya Kamsul Hasan menjelaskan bahwa hal yang diadukan ke Polda berupa tindak pidana. "Ini yang dilaporkan pidana, tapi nanti kalau majelis memutuskan ada denda itu buat kas negara. Kita akan melihat proses selanjutnya," tekannya.

Tak hanya pengaduan pelanggaran UU tentang Pers saja, tetapi presenter acara "Dahsyat" itu juga akan dijerat sejumlah pasal. "Kita akan juncto-kan juga dengan Pasal 310, 311, 315, dan 335 KUHP tentang pencemaran nama baik, fitnah, penghinaan, dan perbuatan tidak menyenangkan melalui lisan dan tulisan,"kata  Kamsul.


Wah....banyak juga nich pasal klo gue jelasin satu2 bisa sampai pongere nich
( lemah , letih , lesu ).

Ternyata tulisan ini memancing reaksi yang luar biasa. Pengikut lunmay (nama Twitter Luna Maya) yang melebihi angka 120 ribu ini bisa dipastikan diantaranya adalah para pekerja jurnalistik yang berkecimpung di dunia infotainment dan berita artis. Dan tulisan tersebut pun bisa dibilang membuat beberapa pihak kebakaran jenggot dan tersinggung (walau Luna tidak menyebutkan pihak mana yang dia “hina”).

Kemarahan Luna berawal dari acara Premier Film Meraih Impian yang dibintangi oleh Ariel. Wartawan yang sedari awal mengerubungi Luna dan keluarga Ariel yang ikut menghadiri pemutaran perdana seperti tidak sabar untuk mendapatkan berita terbaru. Luna yang dalam kondisi terjepit diantara kerubutan wartawan meminta waktu dan pengertian pihak wartawan untuk mengantarkan ALea (anak Ariel dan mantan istrinya, Sarah) yang tertidur digendongannya untuk dibawa ke mobil. Namun pihak wartawan seperti tidak memperhatikan permintaan Luna sehingga pada sebuah kesempatan kepala Alea terbentur kamera milik salah satu wartawan. Dengan penuh kekesalan, Luna yang tadinya berjanji akan memberikan pernyataan setelah mengantarkan Alea dan keluarga Ariel ke mobil, langsung saja pergi dan meninggalkan para wartawan. Kekesalan Luna pun ditumpahkan dengan menuliskannya di status akun Twitternya (sesuai yang dijelaskan Vita, manajer Luna Maya).

Beberapa situs gosip kini mengabarkan bahwa pihak-pihak tertentu mengajukan keberatan atas tulisan Luna dan ingin mengajukannya ke persidangan.

Tak sekadar omongan semata, komunitas wartawan infotainment pun sudah menyiapkan sejumlah amunisi untuk memidanakan Luna. "Kita juga ajukan saksinya, antara lain Prio, Bambang, Michael, dan Hilda. Kita juga ada alat bukti berupa rekaman dan transkrip," ucap Kamsul.

Menurut Kamsul, meski pengaduan telah dilayangkan, usaha perdamaian masih sangat terbuka lebar. "Lembaga Konsultasi dan Bantuan Penegakan Hukum (LKBPH) PWI Jaya hanya mendampingi teman-teman infotainment. Kalau ada rencana untuk berdamai, kita akan dampingi," ujarnya.

"Kalau sudah ada rembukan antara lawyer Luna dan Prio soal perdamaian, maka saya akan minta Prio untuk mencabut gugatannya," ucapnya.

Masih menurut Kamsul, kasus Luna versus wartawan ini merupakan pembelajaran bersama. "Pada intinya, kami hanya memberi pelajaran siapa pun harus menghargai profesi. Siapa pun, apakah mau disebut lebih rendah dari pelacur dan pembunuh? Saya mengimbau masyarakat umum agar hati-hati menggunakan kata, apalagi menyangkut hak-haknya orang lain, boleh suka atau tidak, dengan hadirnya Undang-Undang ITE," ungkap Kamsul.

sumber : KOMPAS dan www.beritaterkinionline.com

8 Responses so far.

  1. he, sama yah bedanya klo gw Info vs maya !
    Soal mereka2 gw gak ikutan cume ngambil topik aja biar seruuu getuh...yg jelas ambiL saja Hikmah dr mereka !!

  2. luna...luna...kan dah gw bilang gak usah pacaran ama ariel...nanti lu repot sendiri...lagian apasih kelebihan dia dibangingin gw selain dia lebih cakep, lebih kaya dan lebih terkenal...cuma itu aja kan kelebihan dia dibanding gw...

  3. @ hendrik : betul tuh bro....ya...mungkin ada maksud dari tujuan tertentu lah....yng penting kita damai aja...PISS ( pisang goreng dua ).

    @ Bayu : Ha..ha..ha..pastinya ad satu bro kelebihan mas bayu daripada ariel yaitu kelebihan kekurangan...hahahahaha....(maaf mas cuma bercanda.)

  4. yg pasti cuma satu kekurangan gw...yaitu gak punya kelebihan

  5. @ Mas Bayu : Ha....ha...ha...siapa bilang ,mas bayu nggak punya kelebihan walaupun hanya kekurangan yang penting bagaimana agar kita bisa membuat kekurangan kita tersebut menjadi kelebihan kita.(kayak filsafat aja gue....)

    @Bony : Makasih bro....

  6. Admin says:

    Lebiih kurangnya begitu kali yah..neh masalah kekurangan dan kelebihan ajah keknya,..hahha

  7. Buku Elis : Betul....betulll....betullllllllll !!!!

Leave a Reply

BARNER MY FRIENDS